TUGAS DISKUSI KELOMPOK
MATERI : BUDAYA KERJA ORGANISASI PEMERINTAH
POKOK BAHASAN : MENGHARGAI ORANG LAIN
1. Definisi
Dari segi bahasa kata “menghargai” memiliki makna :
-
Dalam bahasa Inggris berasal dari
kata Respect
yang memiliki padanan kata yang sama dengan Menghormati hak-hak yang
dimiliki oleh orang lain.
-
Dari Kamus Besar bahasa Indonesia,
menghargai memiliki makna : Menghormati, mengindahkan, dan memuliakan. Sebuah
sikap yang diperlukan baik dalam kehidupan pribadi, profesional maupun dalam
kehidupan sehari-hari.
Setiap manusia diciptakan dengan kelebihan dan
kekurangannya masing-masing, dan terlahir dengan karakter yang berbeda-beda
satu sama lain. Sehingga dengan kelebihan dan kekurangan tersebut menjadikan
sikap untuk saling melengkapi dalam kehidupan, karena pada hekekatnya manusia
terlahir sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Agar
tercapainya sikap untuk saling melengkapi dalam kehidupan, maka sesama manusia
harus saling menghargai sau sama lain.
Dari paparan di atas, sikap menghargai orang lain adalah
suatu sikap mengakui kelebihan orang lain, menghormati hak-hak yang dimiliki
oleh orang laindan mengakui kekurangan yang ada pada diri sendiri.
2. Manfaat
Adapun manfaat yang didapat ketika kita menghargai orang lain adalah :
A.
Mendapat Pahala dari Tuhan Yang
Maha Esa karena dengan sikap saling menghargai akan menambah erat tali
silaturahmi antar sesama manusia.
B.
Jika kita memiliki sikap
menghargai orang lain terlebih dahulu, maka dengan sendirinya kita juga akan
dihargai oleh orang lain.
C.
Akan tercipta rasa saling
membutuhkan satu sama lain. Contoh : Guru dan murid, penulis dan pembaca,
Produsen dan konsumen, perusahaan dan karyawan, pemimpin dan anak buah, dan
lain-lain.
D.
Adanya timbal balik yang saling
menguntungkan satu sama lain. Sebagai contoh, murid merasa diuntungkan karena
ada guru yang mau berbagi ilmu, dan keterampilan, serta mendidik murid tersebut
untuk menjadi seseorang yang berguna bagi Bangsa dan Negara. Sebaliknya guru
juga selain menunaikan kewajibannya sebagai Abdi negara, juga menerima hak dari
kewajiban yang sudah dilaksanakannya.
E.
Terjalinnya hubungan yang tenteram
dan harmonis baik dalam keluarga, masyarakat, profesi, serta dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara.
3. Kiat –kiat
A.
Mengenali pribadi, sikap, dan
karakter satu sama lain
B.
Menjaga perilaku dalam kehidupan
bermasyarakat dalam :
1.
Ucapan. Dalam hal ini,
berkata-kata dengan sopan, dengan bahasa dan tata krama yang baik, ramah, serta
tidak meremehkan orang lain dengan kata-kata kasar/sindiran.
2.
Perbuatan.
C.
Menampilkan diri dengan baik,
percaya diri, optimis dan bersikap rendah hati dalam masyarakat.
D.
Tidak memanfaatkan orang lain atas
kelemahannya.
E.
Menjadi panutan atau teladan serta
tidak bersikap seolah paling tahu dengan memberikan kesempatan bagi orang lain
untuk menyampaikan pendapatnya.
F.
Tidak memiliki sikap
materialistis.
G.
Memiliki sikap yang tepat janji
dengan apa yang sudah diucapkan.
H.
Memiliki aturan dan batasan, serta
dengan tegas menjelaskan tentang aturan dan batasan itu.
4.
Etos Kerja yang Relevan
“KERJA ADALAH PELAYANAN”, Bekerja dengan sempurna dan dengan kerendahan
hati.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih atas saran dan komentarnya