Sabtu, 12 Juli 2014

Budaya Kerja Organisasi Pemerintah



TUGAS DISKUSI KELOMPOK
MATERI : BUDAYA KERJA ORGANISASI PEMERINTAH
POKOK BAHASAN : MENGHARGAI ORANG LAIN

1.       Definisi

Dari segi bahasa kata “menghargai” memiliki makna :
-          Dalam bahasa Inggris berasal dari kata  Respect yang memiliki padanan kata yang sama dengan Menghormati hak-hak yang dimiliki oleh orang lain.
-          Dari Kamus Besar bahasa Indonesia, menghargai memiliki makna : Menghormati, mengindahkan, dan memuliakan. Sebuah sikap yang diperlukan baik dalam kehidupan pribadi, profesional maupun dalam kehidupan sehari-hari.
Setiap manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan terlahir dengan karakter yang berbeda-beda satu sama lain. Sehingga dengan kelebihan dan kekurangan tersebut menjadikan sikap untuk saling melengkapi dalam kehidupan, karena pada hekekatnya manusia terlahir sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Agar tercapainya sikap untuk saling melengkapi dalam kehidupan, maka sesama manusia harus saling menghargai sau sama lain.
Dari paparan di atas, sikap menghargai orang lain adalah suatu sikap mengakui kelebihan orang lain, menghormati hak-hak yang dimiliki oleh orang laindan mengakui kekurangan yang ada pada diri sendiri.
2.       Manfaat
Adapun manfaat yang didapat ketika kita menghargai orang lain adalah :
A.      Mendapat Pahala dari Tuhan Yang Maha Esa karena dengan sikap saling menghargai akan menambah erat tali silaturahmi antar sesama manusia.
B.      Jika kita memiliki sikap menghargai orang lain terlebih dahulu, maka dengan sendirinya kita juga akan dihargai oleh orang lain.
C.      Akan tercipta rasa saling membutuhkan satu sama lain. Contoh : Guru dan murid, penulis dan pembaca, Produsen dan konsumen, perusahaan dan karyawan, pemimpin dan anak buah, dan lain-lain.
D.      Adanya timbal balik yang saling menguntungkan satu sama lain. Sebagai contoh, murid merasa diuntungkan karena ada guru yang mau berbagi ilmu, dan keterampilan, serta mendidik murid tersebut untuk menjadi seseorang yang berguna bagi Bangsa dan Negara. Sebaliknya guru juga selain menunaikan kewajibannya sebagai Abdi negara, juga menerima hak dari kewajiban yang sudah dilaksanakannya.
E.       Terjalinnya hubungan yang tenteram dan harmonis baik dalam keluarga, masyarakat, profesi, serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

3.       Kiat –kiat
A.      Mengenali pribadi, sikap, dan karakter satu sama lain
B.      Menjaga perilaku dalam kehidupan bermasyarakat dalam :
1.       Ucapan. Dalam hal ini, berkata-kata dengan sopan, dengan bahasa dan tata krama yang baik, ramah, serta tidak meremehkan orang lain dengan kata-kata kasar/sindiran.
2.       Perbuatan.
C.      Menampilkan diri dengan baik, percaya diri, optimis dan bersikap rendah hati dalam masyarakat.
D.      Tidak memanfaatkan orang lain atas kelemahannya.
E.       Menjadi panutan atau teladan serta tidak bersikap seolah paling tahu dengan memberikan kesempatan bagi orang lain untuk menyampaikan pendapatnya.
F.       Tidak memiliki sikap materialistis.
G.     Memiliki sikap yang tepat janji dengan apa yang sudah diucapkan.
H.      Memiliki aturan dan batasan, serta dengan tegas menjelaskan tentang aturan dan batasan itu.

4. Etos Kerja yang Relevan
    “KERJA ADALAH PELAYANAN”, Bekerja dengan sempurna dan dengan kerendahan hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan komentarnya