RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : MI NURUL HUDA
Kelas /
semester : 1 / 2
Tema /
topik : Lingkungan /Lingkungan bersih dan sehat
Petemuan
ke : 1
Semester : 2
(dua)
Alokasi
waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
v AGAMA
1.1
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
sebagai bentuk pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah
2.1
Memiliki perilaku bersih badan,
pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
v PPKn
1.2 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3.. Mengenal tata tertib
dan aturan yang berlku dalm kehidupan
sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2.. Melaksanakan tata
tertib di rumah dan di sekolah
v BAHASA
INDONESIA
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa
berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana
belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Menunjukkan perilaku pola hidup sehat
(perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan istirahat
yang cukup) dan menyayangi makhluk hidup
2.4 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar
sehat dan bugar melalui pemanfatan bahasa indonesia dan atau Bahasa Daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan
bermain di lingkungan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.3 Memahami isi cerita melalui
mendengarkan cerita yang dibacakan orang lain
dengan penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan
4.3 Menyampaikan teks terima kasih
mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
INDIKATOR :
1.
Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.
Mengambil sikap duduk atau berdiri
dengan berdiam diri
3.
Mencontoh kata-kata dalam doa yang
didengar pada saat berdoa sendiri
4.
Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
5.
Melafalkan
kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6.
Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci
tangan.
7.
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
8.
Membedakan lingkungan sehat dan
tidak sehat
9.
Menyebutkan nama-nama tempat dalam
cerita
10.
Menyebutkan urutan peristiwa
11.
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
12.
Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
13. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata
yang tepat
14.
Berposisi duduk secara benar
15.
Meletakkan bacaan dengan jarak mata
yang benar
16.
Memegang teks bacaan dengan tepat
v MATEMATIKA
2.1.Menunjukkan perilaku teliti dan
perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi
(bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai
terbesar
2.4.. Menunjukkan perilaku disiplin tepat
waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan tanda-tanda
saat jam belajar dan jam istirahat
3.2.. Mengenal
bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
ruah, sekolah, atau tempat bermain.
4.2.. Membentuk berbagai bangun
ruang dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya
INDIKATOR ;
1.
Menata
dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria
lainnya (warna atau lainnya)
2. Memilih jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk
menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3. Menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar
v
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
2.2
Menunjukkan perilaku santun kepada
teman dan guru selama pembelajaran penjas.
INDIKATOR :
1.
Mempraktikan gerak melangkah ke
berbagai arah beriram
v SENI,
BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.1
Merasakan keindahan alam dan karya
seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan
2.1
Menunjukkan percaya diri untuk
mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk
mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.2
Mengenal pola irama lagu bervariasi
dengan alat musik ritmis
INDIKATOR :
1.
Memiliki kepekaan terhadap keindahan
alam hasil ciptaan Tuhan
2.
Menjelaskan keindahan-keindahan alam
dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
3.
memperhatikan lingkungan sekitar
secara seksama
4.
merawat lingkungan sekitar secara
sadar
5.
menunjukkan kepedulian pada alam
lingkungan sekitar dengan berkarya
6.
Mengenal judul lagu dan iringannya
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Berperilaku baik (jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.
Berperilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
3. Melafalkan kata-kata teks doa dengan
intonasi yang sesuai
4.
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
5. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata
yang tepat
6.
Menata
dengan rapi benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan
kriteria lainnya (warna atau lainnya)
9.
Mempraktikan gerak melangkah ke
berbagai arah berirama
10.
Menjelaskan keindahan-keindahan alam
tentang kebersihan lingkungan sebagai
anugerah Tuhan
D.
MATERI
AGAMA
1.
Bacaan do’a sebelum belajar
2.
Bacaan do’a sesudah belajar
3.
Sikap berdo’a sebelum belajar
4.
Perilaku patuh kepada orang tua
PPKn
1.
Dengan mengamati kegiatan
sehari-hari, siswa dapat berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih
sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.
Dengan mengamati contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku
dalam kehidupan sehari hari di rumah, siswa dapat berperilaku patuh di sekolah.
3.
Contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di sekolah.
4.
Dengan mengamati kegiatan
sehari-hari siswa dapat menceritakan pelaksanaan tata tertib di sekolah
BAHASA
INDONESIA
1.
Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.
Sikap duduk atau berdiri dengan
berdiam diri
3. Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa
sendiri
4. Lafal
teks doa dengan jelas
5. Lafal & kata-kata teks doa dengan intonasi yang
sesuai
6.
Waktu mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7.
kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
8.
lingkungan sehat dan tidak sehat
9.
Nama-nama tempat dalam cerita
10.
Urutan peristiwa
11.
Kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
12.
Lingkungan sehat dan tidak sehat
13. Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14.
Posisi duduk secara benar
15.
Letak bacaan dengan jarak mata yang
benar
16.
Teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1.
Dengan mengamati cara penataan benda di sekitar, siswa
dapat menata
dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria
lainnya (warna atau lainnya)
2.
Dengan mengamati benda-benda di
sekitar siswa dapat memilih jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk
menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3.
Dengan mengamati benda siswa
dapat menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.
Praktik gerak melangkah ke berbagai
arah berirama
SENI, BUDAYA, DAN DESAIN
1.
Kepekaan terhadap keindahan alam hasil
ciptaan Tuhan
2.
Keindahan-keindahan alam dan karya
seni sebagai anugerah Tuhan
3.
Lingkungan sekitar secara seksama
4.
Cara merawat lingkungan sekitar secara
sadar
5.
Kepedulian pada alam lingkungan
sekitar dengan berkarya
6.
Lagu
Lihat Kebunku
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
3.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
4.
Mengajak Semua Siswa menyanyi “SELAMAT
PAGI GURU”
5.
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu,
mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
6.
Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket
yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan
kenyamanan kegiatan pembelajaran.
7. Menginformasikan Tema yang
akan dibelajarkan yaitu tentang
“LINGKUNGAN BERSIH DAN
SEHAT”
|
10 menit
|
Inti
|
1. Menayangkan gambar tentang
lingkungan bersih dan sehat dan lingkungan rumah yangtidak bersih /tidak sehat. (eksplorasi,
mengamati, menyimak, mendengar)
Gambar
rumah sehat mencakup ciri-ciri:
·
Rumah kecil dengan ventilasi cukup
·
Ada teras rumah
·
Ada halaman cukup
·
Taman mungil yang asri
·
Tidak ada sampah yang bertebaran
·
Di pojok halaman ada peralatan untuk membersihkan
halaman (ember tempat air untuk menyiram tanaman, sapu lidi dll)
Gambar rumah tidak sehat
mencakup ciri-ciri:
·
Tidak memiliki ventilasi yang cukup
·
Tidak memiliki teras/berbatasan langsung dengan jalan
raya
·
Tidak memikliki taman atau tanaman hijau
·
Tidak terdapat alat-alat kebersihan
·
Tidak terawat, kotor, dan banyak sampah bertebaran
Jawaban berkembang sesuai
dengan lingkungan sehari-hari hasil
eksplorasi serta kemampuan siswa
|
150 menit
|
|
2. Bertanya jawab tentang
ciri-ciri rumah dan halaman yang sehat
dan tidak sehat, (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
·
Mendengarkan jawaban siswa
tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak sehat.
·
Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk
menjawab.
·
Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi
oleh salah satu siswa saja).
·
Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan
jawaban.
·
Mendorong keberanian siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban.
|
|
3. Guru menugaskan siswa untuk
membaca TEKS tentang RUMAHKU (membaca, mendengar)
4. Diawali dengan memberi
contoh cara membaca TEKS: jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata
yang dibaca (mengamati/ mendengar), semua siswa menirukan cara membaca dengan benar
5. Selanjutnya menugaskan siswa
secara bergantian untuk membaca TEKS
·
(penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca
(sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
·
Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan
langsung dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain
6. Bertanya jawab tentang makna
bacaan / Teks ( menalar )
7. Melalui pengamatan gambar
rumah sehat siswa diminta membandingkan rumah yang bersih dan sehat dengan
rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang bersih tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan
menalar)
|
|
|
8. Guru mengelompokan siswa
berdasarkan teman satu bangku/2 orang dengan cara siswa mengambil
nomor di meja guru. (nomor merupakan penanda dari kelompok)
9. Siswa berkelompok sesuai dengan
nomor yang dimiliki.
10. Guru membagi gambar kepada
masing-masing kelompok
11. Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi
gambar dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda yang ada di lingkungan
sekitar, yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
12. Siswa diminta untuk
menceritakan hasil identifikasi kepada teman sebangku (mengkomunikasikan)
13. Setelah tercapai kesepakatan
dengan teman sebangku, diminta untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan
yang lain (TPS)
|
|
|
|
Penilaian
proses:
a. Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan
tugas.
b. Menilai kerjasamanya,
tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
c. Menilai dengan lembar
pengamatan perilaku.
|
|
Gambar-gambar
untuk Example non Example
Kelompok
gambar kebersihan kelas
·
Gambar kegiatan menyapu kelas
·
Gambar kegiatan membersihkan debu
·
Gambar kegiatan menata buku
·
Membersihkan jendela kelas
Kelompok
gambar kebersihan rumah
·
Gambar kegiatan menyapu rumah
·
Gambar kegiatan mengepel lantai
·
Gambar kegiatan menata tempat tidur
·
Gambar kegiatan
membersihkan/menyapu kebun
Kelompok gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti kampung
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan
berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan, ruang, kelas, rumah,
sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan membersihkan lingkungan
merupakan cerminan dari kerukunan dan saling membantu, dan bekerjasama. Siswa
yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak pada kerjasama
yang baik, dan hasilnya merupakan cerminan dari sikap bertanggung jawab.
|
|
|
|
14.
Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar
dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
15.
Salah satu siswa dari kelompok ( secara acak ) diminta untuk
mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan
dan konfirmasi),
Memberi kesempatan kelompok lain
untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya
|
|
16. Mengajak semua siswa berdiri
dan menyanyikan lagu “banyak nyamuk dirumahku” untuk mencairkan suasana dan kepenatan
setelah belajar beberapa jam:
·
Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
·
Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
·
Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair
lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
·
Menggunakan format pengamatan
|
|
|
17. Guru mengajak bertanya jawab
tentang makna lagu. Bahwa salah satu
dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak
sehat, mendatangkan penyakit. Dsb
|
|
|
18. Menugaskan siswa untuk
bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan)
|
|
|
Guru Mengamati cara siswa dalam
BERCERITA (penilaian proses)
|
|
|
19. Guru dan siswa bersama-sama
siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan sehat
|
|
|
20. Hasil kegiatan dan pekerjaan
siswa ditempel di papan yang
|
|
|
|
Dilanjutkan
dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat
|
|
Penutup
|
1. Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
|
15
menit
|
2. Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3. Melakukan penilaian hasil belajar
|
|
|
4. Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran)
|
|
|
|
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak
·
Gambar Rumah Kumuh dan Rumah Sehat
·
Lingkungan keluarga
·
Lingkungan sekolah
·
Buku TematikKelas I
·
Buku Pengembangan Diri Anak
·
Gambar
tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting,
lipat dan tempel
·
Gambar/contoh langsung karya
cetak dengan berbagai bahan alam dan
bentuk
·
Gambar/contoh langsung hasil karya
gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alur sederhana
·
Buku kirigami (seni mengunting)
·
Buku Pengembangan Diri Anak
H.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis
dan lisan (terlampir)
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja
2)
Penilaian Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda
·
Isian singkat
·
Esai atau uraian
Mengetahui
Guru
Kelas 1
Kepala
Sekolah,
TAMAT,
S.Pd TEGUH
HARAPAN, S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih atas saran dan komentarnya