Judul Best Practice
Oleh: ………………………………….
Guru Kelas : ……………………………….
SD …………………………..
I.
Latar Belakang
Karakter kelas …………. SD ………………………. secara umum …………………….
kondisi itu dipengaruhi oleh sejumlah factor antara lain:
(a)…………………..(b)………………..(c)……………
Beberapa masalah diatas mempengaruhi prestasi siswa. Selama
ini gambaran prestasi siswa kelas ………. SD ………….yang masih bermasalah adalah
sebagai berikut:
a)
………………….(contoh
PR tidak dikerjakan /MTK , kurangnya minat belajar DLL yang berhubungan
dengan Akademik siswa)
b)
………………………………………..
c)
…………………………………………
d)
……………………………………………………….
Kondisi diatas
menuntut inovasi guru yang dinilai sangat efektif. Untuk itu, dilakukan masalah
yang perlu dipecahkan sebagai prioritas utama dalam pemahaman sesuai
masalahnya, sehingga ditetapkan masalah yang akan dipecahkan
adalah………………………………….(sama dengan judul yang kita buat). Masalah ini sangat
penting bagi siswa karena dengan ……………………………………………………….. dapat …………………………………
Mengingat pentingnya
masalah, tindakan pemecahan yang dipilih adalah
……………………………………………………………………….………………………….(sesuai dengan judul)
Tindakan yang
dipilih diatas, diharapkan dapat menjadi solusi dalam pemecahan masalah siawa.
Kelebihan dari tindakan tersebut adalah
(1)………………………………….(2)………………………………………..(3)…………………………………….dan (4)………………………….
II.
Tujuan Pelaksanaan Tindakan
Pemecahan masalah ………………………………….dilakukan dengan tujuan umum
agar siswa mendapatkan peningkatan prestasi, sikap, dan prilaku. Secara khusus,
tindakan pemecahan ini dilakukan dengan tujuan sebagai berikut:
a)
………………………………………………………
b)
……………………………………………………….
c)
……………………………………………………………..
III.
Pelaksanaan……………………………………(berisikan tindakan
sesuai dengan judul)
1.
Alat yang diperlukan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
Urutan pelaksanaan:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.
Tanda keberhasilan :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
IV.
Hasil Peningkatan ……………………………….(sesuai dengan
maksud peningkatan yang terdapat pada judul disertai dengan grafik dan
data-data yang berhubungan dengan judul atau pelaksanaan tindakan)
V.
Kesimpulan dan Saran ( kesimpulan harus apa
adanya sesuai dengan hasil yang terjadi setelah tindakan pelaksanaan sesuai
dengan judul)
Contoh
contoh judul Best Practice
1.
Pembiasaan Peduli Lingkungan Melalui Gerakan
Pusat ( Pungut Sampah Yang Terlihat)
2.
Pembiasaan Peduli Lingkungan Melalui Kompetisi
Petugas Piket
3.
Pembiasaan Peduli Lingkungan Melalui Siram Bunga
Ditaman
4.
Pembiasaan Peduli Lingkungan Melalui perindangan
kelas
5.
Pembiasaan Peduli Lingkungan Melalui Satu Siswa
Satu Bunga
6.
Pembiasaan Peduli Lingkungan Melalui Daur Ulang
Sampah
7.
Pembiasaan Penerapan Nilai Kejujuran Melalui
Buku Kejujuran
8.
Pembiasaan Penerapan Nilai Kedisiplinan Melalui
Pemilihan Kehadiran Terbaik
9.
Pembiasaan Penerapan Nilai Toleransi Melalui Kelompok Belajar
10.
Pembiasaan Penerapan Nilai Kerja Keras Melalui
Lomba Cepat Tepat Menyelesaikan Tugas
11.
Pembiasaan Penerapan Nilai Kreatifitas Siswa
Melalui Pameran karya
12.
Pembiasaan Penerapan Nilai Kemandirian Siswa
melalui Pemilihan Petugas Upacara Terbaik
13.
Pembiasaan Penerapan Nilai Demokratis Melalui
Proses Pembentukan Kelompok Belajar
14.
Pembiasaan Penerapan Nilai Rasa Ingin Tahu
Melalui Model Belajar Tanya Jawab Berestafet
15.
Pembiasaan Penerapan Nilai Semangat Kebangsaan
Melalui Membaca Naskah Bersejarah
16.
Pembiasaan Penerapan Nilai Cinta Tanah Air
Melalui Publikasi Karya Terbaik Siswa
17.
Pembiasaan Penerapan Nilai Gemar Membaca Melalui
Pemajangan Bahan Baca
18.
Pembiasaan Penerapan Nilai Berkomunikasi Melalui
Pengaturan Tempat Duduk
19.
Pembiasaan Penerapan Nilai Bersahabat Melalui
Model Bermain Peran
20.
Pembiasaan Penerapan Nilai Peduli Sosial Melalui
Penyisihan Uang Saku sukarela
21.
Pembiasaan Penerapan Nilai Tanggungjawab Melalui
Lomba Piket Kelas Terbaik
1.
Meningkatkan Prestasi Matematika Dalam Operasi
Perkalian Melalui Adu Cepat Perkalian Lesan
2.
Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Replikasi
Siswa Lancar Baca
3.
Meningkatkan Prestasi Ilmu Pengetahuan Alam
Melalui Sumber Belajar Lingkungan Alam Sekitar
4.
Meningkatkan Prestasi Matematika Dalam Operasi
Bilangan Pecahan Melalui Model Potong
Kue
5.
Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah Al-Alaq
Melalui Dril Dengan Media HP MP3
1.
Penggunaan Benda Inventaris Kelas Dalam
Meningkatkan Ketrampilan Menulis Siswa Kelas……………
2.
Penggunaan Operasi Penjumlahan Bilangan Dalam
Meningkatkan Kemampuan Berhitung siswa
3.
Penggunaan Model Bermain Peran Dalam
Meningkatkan Kemampuan Memahami Nilai Sejarah
4.
Penggunaan Model Ceramah Berangkai Dalam
Meningkatkan Kemampuan Memahami Materi Konseptual
5.
Penggunaan Model Puitisasi Titian Ingatan Dalam
Meningkatkan Penguasaan Materi Penting Mapel…………
6.
Penggunaan Model Replikasi Lagu Anak-Anak Dalam
Penguasaan Materi ………………………….. Dalam Mata Pelajaran………………….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih atas saran dan komentarnya