Jumat, 18 Juli 2014

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU




PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU




PELATIHAN GURU INTI PCT DAN DCT
BAHAN UJIAN
 



KEGIATAN 12
UJIAN

NAMA                    : ______________________
NO PESERTA      : ______________________
INSTANSI             : ______________________
NILAI                      : -------------------------------------




KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKANDAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2012

Kegiatan12:Evaluasi terhadap Kemampuan Melaksanakan PK Guru dan Perencanaan PKB Guru

Tujuan:         Untuk mengukur pemahaman peserta terkait dengan pelaksanaan Proses PK Guru dan Proses PKB Guru

Waktu   :3  x 45 menit

Bahan:
·  RPP
·  Video Pembelajaran, SMP N 1 Cianjur. Matematika


Kegiatan
1.    Cermati RPP, berikan tanggapan dan tulis pada format sebelum pengamatan.
2.    Amati tayangan videopembelajaran guru matematikadanisilahdeskripsifaktapadalembarpengamatan.
3.    Isilahnomorindikatorkinerja guru danbutirpenilaian indikatorpadalembarpengamatan.
4.    Berilakah tanda centang padabutirpenilaian indikator ("ya"/"tdk"),
5.    Hitunglah nilai indikator kinerja guru sesuai petunjuk pada instrumen.  .
6.    Lengkapilah format hasilpenilaiankinerja guru.
7.    Isilahrencana pengembangan keprofesian berkelanjutan.


LEMBAR JAWABAN
NAMA


NOMOR PESERTA


INSTANSI




PK-GURU

LembarPengamatan
DeskripsiFakta
Indikator
No.
Butir


































DimensiTugasUtama II:
PelaksanaanPembelajaran yang AktifdanEfektif

Sebelum Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru











Tindak lanjut yang diperlukan:








Setelah Pengamatan
Tanggal

Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru

















Tindak lanjut yang diperlukan:








Format penilaian kinerja:
            Dimensi I: PerencanaanPembelajaran
Indikator
ButirpenilaianIndikatorKinerja
HasilPenilaian
Ya
Tidak
1.   Guru menformulasikanTujuanPembelajarandalam RPP sesuaidengankurikulum/silabusdanmemperhatikankarakteristikpesertadidik
a.   Tujuanpembelajarandirumuskandandikembangkanberdasarkan SK/KD yang akandicapai


b.   Tujuanpembelajaranmemuat proses dangambaranhasilbelajar yang dicapaiolehpesertadidiksesuaidengankebutuhanbelajarnya


c.   TujuanPembelajarandisesuaikandengankebutuhanbelajarpesertadididk


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

2.   Guru menyusunbahan ajar secararuntut, logis, kontekstualdanmutakhir.
a.   Bahan ajar disusundari yang sederhanakekompleks, mudahkesulitdan/ataukonkritkeabstraksesuaidengantujuanpembelajaran


b.   Keluasandankedalamanbahan ajar disusundenganmemperhatikanpotensipesertadidik (termasuk yang cepatdanlambat,motivasitinggidanrendah)


c.   Bahan ajar dirancang sesuai dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.


d.   Bahan ajar dirancang dengan menggunakan sumber yang bervariasi (tidak hanya buku pegangan peserta didik)


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

3.   Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
a.      a.Strategi, pendekatan, danmetodepembelajaranrelevanuntukmencapaitujuanpembelajaran yang ingindicapai /kompetensiharusdikuasaipesertadidik.


b.      b. Strategidanmetodepembelajaran yang dipilihdapatmemudahkanpemahamanpesertadidik


c.      c.Strategidanmetodepembelajaran yang dipilihsesuaidengantingkatperkembangankognitif, afektif, danpsikomotorpesertadidik.


d.      Setiap tahapan pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar  peserta didik.


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

4.   Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran.
a.   Sumberbelajar/media pembelajaran yang dipilihdapatdipakaiuntukmencapaitujuanpembelajaranataukompetensi yang ingindicapai (misalnyabuku, moduluntukkompetensikognitif; media audio visual, Komputeruntukkompetensiketerampilan).


b.   Sumberbelajar/media pembelajarantermasuk TIK yang dipilihdapatmemudahkanpemahamanpesertadidik (misalnyalidi/sempoadigunakanuntukoperasihitungmatematika, lampusenter, globe, dan bola untukmengilustrasikan proses terjadinyagerhana).


c.   Sumberbelajar/media pembelajaran yang dipilihsesuaidengantingkatperkembangankognitif, afektif, danpsikomotorpesertadidik.



Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

Dimensi II. PelaksanaanPembelajaran yang AktifdanEfektif
Indikator
Butir Penilaian Indikator Kinerja
Hasil Penilaian
Ya
Tidak
5.   Guru memulai pembelajaran dengan efektif
a.   Melakukan apersepsi


b.   Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

6.   Guru menguasai materi pelajaran
a.   Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.


b.   Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata .


c.   Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.


d.   Kemampuan menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

7.   Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
a.   Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai


b.   Melaksanakan pembelajaran secara runtut


c.   Menguasai kelas


d.   Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual


e.   Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)


f.    Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

8.   Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran

a.   Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran


b.   Menghasilkan pesan yang menarik


c.   Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

9.   Guru memotivasi dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
a.   Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar


b.   Merespon positif partisipasi siswa


c.   Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa


d.   Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif


e.   Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

10.   Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran

a.   Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar


b.   Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar


c.   Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

11.   Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
a. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa



b. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

Dimensi III: PenilaianPembelajaran
Indikator
ButirPenilaianIndikatorKinerja
HasilPenilaian
Ya
Tidak
12. Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
a.    Kesesuaian teknik dan jenis penilaian (tes lisan, tes tertulis, tes perbuatan) sesuai dengan tujuan pembelajaran.


b.    Alattesdirancanguntukdapatmengukurkemajuanbelajarpesertadidikdariaspekkognitif, afektifdan/ataupsikomotorik.


c.    Rancanganpenilaianportofoliopesertadidik minimal 1 kali per semester


d.    Hasilanalisispenilaiansebelumnya (UH, UAS, UN) digunakanuntukkeperluan program perbaikan (remedial,  pengayaan, dan/ataumenyempurnakanrancangandan/ataupelaksanaanpembelajaran)


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

13.         Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP.
a.    Menggunakan teknik penilaian otentik (kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb.) untuk memantau kemajuan belajar peserta didik.


b.    Menggunakanteknikpenilaian (ulanganharian, tengah semester, danulangan semester) disusununtukmengukurhasilbelajarpesertadidikdalamaspekkognitif, afektifdan/ataupsikomotor


c.    Menerapkanpenilaianportofoliodalambentukberbagaitugasterstruktur


d.    Menggunakanalatpenilaian yang sesuaidengantujuanpembelajarandanmateri ajar sebagaimanadisusundalam RPP


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

14. Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
a.   Menggunakanhasilanalisispenilaianuntukmengidentifikasitopik/kompetensidasar yang mudah, sedangdansulitsehinggadiketahuikekuatandankelemahanmasing-masingpesertadidikuntukkeperluan remedial danpengayaan


b.   Menggunakanhasilpenilaianuntukmenyempurnakanrancangandan/ataupelaksanaanpembelajaran


c.   Melaporkan kemajuan dan hasil belajar peserta didik kepada orang tua, teman guru dan bagi peserta didik sebagai refleksi belajarnya


d.   Memanfaatkan hasil penilaian secara efektif untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan dan masalah potensial untuk peningkatan keprofesian dalam menunjang proses pembelajaran


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]









HASIL PENILAIAN KINERJA GURU


Nama guru yang dinilai: …………


Periodepenilaian
……………………..s.d  …………………
     (tanggal, bulan, tahun)                        (tanggal, bulan, tahun)
Semester

Tahun
…….
Semester

Kemajuan



NO
DIMENSI TUGAS UTAMA / INDIKATOR KIERJA GURU
NILAI KINERJA
I.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.
Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
4
2.
Guru menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir
3
3.
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
4
4.
Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran
4

Sub Total Nilai Kinerja Perencanaan Pembelajaran
15
II.
PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
A.
Kegiatan Pendahuluan
5.
Guru memulai pembelajaran dengan efektif

B.
Kegiatan inti
6.
Guru menguasai materi pelajaran

7.
Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif

8.
Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran

9.
Guru memotivasi dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran

10.
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran

C.
Kegiatan Penutup
11.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif


Sub Total Nilai Kinerja Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran yang Aktif dan Efektif


III.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
12.
Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
2
13.
Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP
2
14.
Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya
3

Sub Total Nilai Kinerja Penilaian Pembelajaran
7



TOTAL NILAI KINERJA GURU


KONVERSI TOTAL NILAI KINERJA GURU KE SKALA 100 (PERMENNEG PAN RAN RB NO 16 TAHUN 2009, PASAL 15)


KATEGORI NILAI KINERJA GURU




Format :  Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Individu Guru
Nama Sekolah:
Nomor Statistik Sekolah:
Kecamatan:
Kabupaten/Kota:
Provinsi:
Nama Guru:
Tahun Ajaran:
Tanggal:
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR
Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru untuk peningkatan nilai kinerja
Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi dengan memberi tanda √)
1
2
3
4
5
6
 I.          PERENCANAAN PEMBELAJARAN







1.         Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik











2.         Guru menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir









3.         Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif









4.         Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran











II.          PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF







A.   Kegiatan pendahuluan








5.         Guru memulai pembelajaran dengan efektif









B.    Kegiatan inti







6.         Guru menguasai materi pelajaran







7.         Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif







8.         Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran







9.         Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran







10.     Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran







C.    Kegiatan penutup







11.     Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif







III.          PENILAIAN PEMBELAJARAN







12.     Guru merancang alat penilaian  untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik











13.     Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP










14.     Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya









Tanda tangan Guru:


Tanda tangan Kepala Sekolah:















Catatan:
1.     Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan oleh guru sendiri
2.     Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan bersama guru lain
3.     Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di sekolah
4.     Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di KKG/MGMPMGBK
5.     Rencana pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan oleh institusi selain sekolah atau KKG/MGMP/MGBK
6.     Kebutuhan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang belum dapat dipenuhi (diajukan/di-koordinasikan oleh Dinas Pddk untuk dipertimbangkan.


Format 3:  Rencana Final Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru (diisi oleh Koordinator Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)

Nama Sekolah:

Nomor Standar Sekolah:
Kecamatan:
Kabupaten/Kota:

Provinsi:
Tahun Ajaran:

Tanggal:
Noo
Nama Guru

DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR KINERJA GURU


Publikasi Ilmiah
dan Karya Inovatif
Penunjang pembelajaran berkualitas
Pelaksanaan tugas tambahan
Perencanaan
Pelaksanaan
Penilaian
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14





















































































































Diketahui
Kepala Sekolah,
Koordinator
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan




























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan komentarnya