Jumat, 18 Juli 2014

FORMAT PENILAIAN KINERJA GURU



FORMAT PENILAIAN KINERJA GURU


Lembar Pengamatan


Deskripsi Fakta
Indikator
No.
Butir




Sebelum Pengamatan


Tanggal


Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru

Tindak lanjut yang diperlukan:







    


Setelah Pengamatan


Tanggal


Dokumen dan bahan lain yang diperiksa

Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru

Tindak lanjut yang diperlukan:



    
HASIL PENILAIAN KINERJA GURU



Nama guru yang dinilai: …………



Periode penilaian
……………………..s.d  …………………
(tanggal, bulan, tahun)                            (tanggal, bulan, tahun)
Semester

Tahun
…….
Semester

Kemajuan





NO    

DIMENSI    TUGAS    UTAMA    /    INDIKATOR    KIERJA    GURU    

NILAI    KINERJA    
I.    
PERENCANAAN    PEMBELAJARAN    
1.    


2.    


3.    
4.    


        
Guru    memformulasikan    tujuan        pembelajaran    dalam    RPP    sesuai    dengan    
kurikulum/silabus    dan    memperhatikan    karakteristik peserta    didik    
    
Guru    menyusun        bahan    ajar    secara    runtut,    logis,    kontekstual    dan    
mutakhir    
    
Guru    merencanakan    kegiatan    pembelajaran    yang    efektif    
    
Guru    memilih    sumber    belajar/    media    pembelajaran    sesuai    dengan    
materi    dan    strategi    pembelajaran    
    

Sub    Total    Nilai    Kinerja    Perencanaan    Pembelajaran    
    
II.    
PELAKSANAAN    KEGIATAN    PEMBELAJARAN    YANG    AKTIF    DAN    EFEKTIF    
A.    
Kegiatan Pendahuluan    
5.    
Guru    memulai    pembelajaran    dengan    efektif    
    
B.    
Kegiatan Inti    
6.    

7.    

8.    

9.    


10.    
Guru    menguasai    materi    pelajaran    
    
Guru    menerapkan    pendekatan/strategi    pembelajaran    yang    efektif    
    
Guru    memanfaatan    sumber    belajar/media    dalam    pembelajaran    
    
Guru    memotivasi    dan/atau    memelihara    keterlibatan    siswa    dalam    
pembelajaran    
    
Guru    menggunakan    bahasa    yang    benar    dan    tepat    dalam    pembelajaran    
    
C.    
Kegiatan Penutup    
11.    
Guru    mengakhiri    pembelajaran    dengan    efektif    
    
        
Sub    Total    Nilai Kinerja Pelaksanaan Kegiatan    Pembelajaran    yang    Aktif    
Dan Efektif    
    
    


    


III.    
PENILAIAN    PEMBELAJARAN    
12.    


13.    



14.    



        
Guru    merancang    alat    evaluasi    untuk    mengukur    kemajuan    dan    
keberhasilan    belajar    peserta    didik    
    
Guru    menggunakan    berbagai    strategi    dan    metode    penilaian        untuk    memantau    kemajuan    dan    hasil    belajar    peserta    didik    dalam    mencapai    kompetensi    tertentu    sebagaimana    yang    tertulis    dalam    RPP    
    
Guru    memanfatkan    berbagai        hasil    penilaian    untuk    memberikan    umpan    balik    bagi    peserta    didik    tentang    kemajuan    belajarnya    dan        bahan    penyusunan    rancangan    pembelajaran    selanjutnya    
    

Sub    Total    Nilai    Kinerja    Penilaian    Pembelajaran    
    
        
        

        

        


        

TOTAL    NILAI    KINERJA    GURU    
    
KONVERSI    TOTAL    NILAI    KINERJA    GURU    KE    SKALA    100    (PERMENNEG    PAN    RAN    RB    NO    16    TAHUN    2009,    PASAL    15)    
    

KATEGORI    NILAI    KINERJA    GURU    
    




































    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan komentarnya