FORMAT PENILAIAN
KINERJA GURU
Lembar Pengamatan
Deskripsi Fakta
|
Indikator
|
|
No.
|
Butir
|
|
|
|
|
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
|
|
Tanggapan
Penilai
terhadap
dokumen
dan/atau
keterangan
guru
|
|
Tindak
lanjut
yang
diperlukan:
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
|
Dokumen dan bahan lain
yang diperiksa
|
|
Setelah
Pengamatan:
Tanggapan
Penilai
terhadap
dokumen
dan/atau
keterangan
guru
|
|
Tindak
lanjut
yang
diperlukan:
|
HASIL
PENILAIAN KINERJA GURU
Nama
guru
yang
dinilai: …………
Periode
penilaian
……………………..s.d …………………
(tanggal, bulan,
tahun) (tanggal, bulan, tahun)
|
Semester
|
|
Tahun
…….
|
Semester
|
|
||
Kemajuan
|
|
NO
|
DIMENSI TUGAS UTAMA / INDIKATOR KIERJA GURU
|
NILAI KINERJA
|
I.
|
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
|
|
1.
2.
3.
4.
|
Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan
kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
|
|
Guru menyusun bahan ajar secara runtut, logis, kontekstual dan
mutakhir
|
|
|
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
|
|
|
Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan
materi dan strategi pembelajaran
|
|
|
Sub Total Nilai Kinerja Perencanaan Pembelajaran
|
|
|
II.
|
PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
|
|
A.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|
5.
|
Guru memulai pembelajaran dengan efektif
|
|
B.
|
Kegiatan Inti
|
|
6.
7.
8.
9.
10.
|
Guru menguasai materi pelajaran
|
|
Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
|
|
|
Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
|
|
Guru memotivasi dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam
pembelajaran
|
|
|
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
|
|
C.
|
Kegiatan Penutup
|
|
11.
|
Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
|
|
Sub Total Nilai Kinerja Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran yang Aktif
Dan Efektif
|
|
III.
|
PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
|
12.
13.
14.
|
Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan
keberhasilan belajar peserta didik
|
|
Guru menggunakan
berbagai strategi dan metode penilaian
untuk
memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik
dalam
mencapai
kompetensi tertentu sebagaimana
yang tertulis dalam
RPP
|
|
|
Guru memanfatkan berbagai hasil penilaian
untuk
memberikan
umpan
balik bagi peserta didik tentang
kemajuan
belajarnya dan bahan
penyusunan
rancangan pembelajaran selanjutnya
|
|
|
Sub Total Nilai Kinerja Penilaian Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL NILAI KINERJA GURU
|
|
KONVERSI
TOTAL
NILAI
KINERJA
GURU
KE
SKALA
100
(PERMENNEG
PAN
RAN
RB
NO
16
TAHUN
2009,
PASAL
15)
|
|
|
KATEGORI NILAI KINERJA GURU
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih atas saran dan komentarnya