Rabu, 16 Juli 2014

Contoh RPP Model 1 Kurikulum 2013



Model 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                   Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Wagir
Kelas/Semester        : VII/1
                   Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
                   Tema/Topik               : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Sub Tema                  : Manusia Sebagai Makhluk Sosial
                   Pertemuan Ke          : 1 dan 2
                       
A.   KOMPETENSI INTI            :
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.   KOMPETENSI DASAR:
1.1 Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.3. Menunjukkan perilaku santun toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4. Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,budaya, dan ekonomi

Indikator:
·         Menjelaskan konsep lingkungan (fisik, non fisik, dan sosial)
·         Mengidentifikasi bentuk lingkungan sosial, budaya, dan ekonomi
·         Menjelaskan pengertian manusia sebagai mahluk sosial dalam kehidupan sehari-hari
·         Mengidentifikasi bentuk-bentuk dinamika interaksi  manusia (hasil budaya) pada masa praaksara
·         Membedakan bentuk interaksi manusia masa praaksara dengan masa sekarang
·         Memberikan contoh dinamika interaksi manusia terhadap lingkungan sekitar
·         Mengidentifikasi permasalahan manusia hubungannya dengan interaksi sosial budaya
·         Menjelaskan faktor pendorong interaksi sosial yang mendasari aktifitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya
·         Menganalisis dinamika interaksi manusia dalam pemecahan masalah pokok ekonomi
·         Mengidentifikasi permasalahan manusia hubungannya dengan sosial budaya
·         Menjelskan macam-macam kebutuhan pada masa praaksara, Hindu Budha dan Islam
·         Menjelaskan bentuk interaksi sosial pada masa praaksara, Hindu Budha dan Islam dalam memenuhi kebutuhan
·         Menganalisis  permasalahan pokok ekonomi yang dialami manusia sebagai mahluk sosial dalam kehidupan sehari-hari
·         Mengevaluasi permasalahan manusia hubungannya dengan lingkungan sekitar

4.3. Mengobservasi dan menyajikan bentuk- bentuk  dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

Indikator:
·         Mengobservasi bentuk-bentuk interaksi sosial, budaya, ekonomi hubungannya dengan lingkungan
·         Membuat rencana tindak untuk menanggulangi permasalahan manusia hubungannya dengan lingkungan, sosial, ekonomi dan budaya
·         Mempresentasikan data hasil observasi hubungannya dengan bentuk-bentuk dinamika manusia dengan lingkungan, sosial, ekonomi dan budaya


C.   Tujuan Pembelajaran :
            Melalui diskusi siswa dapat :
1.    Mendeskripsikan hasil budaya manusia pada masa praaksara sebagai makhluk sosial.
2.    Mendeskripsikan proses interaksi sosial yang dilakukan manusia sebagai makhluk sosial.
3.    Mencari alternatif upaya pemecahan masalah pokok ekonomi, yang dilakukan manusia sebagai mahluk sosial
4.    Menganalis pemanfaatan lingkungan hubungannya dengan kegiatan manusia (ekonomi, sosial, budaya)

D.   Materi Pembelajaran:
1.    Konsep lingkungan
·         Lingkungan Fisik
·         Lingkungan Non fisik
·         Lingkungan sosial
2.    Pengertian manusia sebagai mahluk sosial dalam kehidupan sehari-hari
·         Konsep makhluk social
·         Aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari
3.    Bentuk-bentuk dinamika interaksi  manusia (hasil budaya ) pada masa praaksara
·         Bentuk-bentuk interaksi masa praaksara
·         Bentuk-bentuk interaksi masa kini
4.    Dinamika interaksi manusia dalam pemecahan masalah pokok ekonomi
·         Permasalahan pokok ekonomi
·         Bentuk-bentuk pemecahan masalah pokok ekonomi
5.    Dinamika interaksi manusia terhadap lingkungan sekitar
·         Hubungan manusia dengan alam
·         Interdependensi manusia dengan alam
6.    Permasalahan manusia hubungannya dengan interaksi sosial
·         Interaksi social
·         Permasalahan manusia (sosial, ekonomi, budaya)


E.   Metode Pembelajaran:     
1.    Pendekatan    :Saintifik
2.    Metode         :Diskusi dengan cooperative learning teknik STAD

F.    Media, alat dan sumber pembelajaran
1.    Media: Peta Indonesia, gambar tentang….
2.    Alat/bahan: Komputer/laptop, LCD, Power Point,
3.    Sumber Belajar: Buku Siswa IPS, LKS, Internet

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Pertemuan ke -1 ( 2 X 40 menit )
a.    Persiapan psikis dan fisik, membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.    Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran
c.    Menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
d.    Memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan menyanyikan lagu bangun pemuda, dilanjutkan dengan tanya jawab tentang makna lagu di hubungkan dengan kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial (syair terlampir)
80 menit
10 menit
Inti

a.    Membagi siswa menjadi  8 kelompok ( A, B, C, …….s/d kelompok H) masing-masing beranggotakan 4 orang.
b.    Pelaksanaan STAD
(1). Penugasan menggunakan LKS untuk dikerjakan dalam kelompok masing masing,  dengan pembagian :
·         Kelompok A dan E mengerjakan LKS I tentang hasil budaya masa praaksara perwujudan  manusia sebagai mahluk sosial.
·         Kelompok  B dan F mengerjakan LKS II tentang pemecahan masalah pokok  ekonomi dengan prinsip  manusia sebagai mahluk sosial hubungannya dengan SDA.
·         Kelompok  C dan G mengerjakan LKS III tentang  perilaku interaksi manusia  sebagai mahluk sosial.
·         Kelompok D dan H mengerjakan LKS IV tentang pemanfaatan lingkungan  dalam kegiatan manusia sebagai mahluk sosial dan ekonomi.
60 Menit
5 menit



5 menit




(2)Pelaksanaan diskusi kelompok (siswa dialog mendalam untuk saling membantu memahami materi pembelajaran dengan anggota kelompok kemudian mencatathasil diskusi )

25 menit

(3) Pelaksanaan unjuk kerja/presentasi, (kelompok A ditanggapi kelompok  E, Kelompok B ditanggapi F, Kelompok C ditanggapi kelompok G, Kelompok D ditanggapi Kelompok H)
(4) Pelaksanaan konfirmasi dilakukan dengan memberikan umpan balik berdasarkan hasil presentasi
(5) Pengisian Quiz
20 menit


5 menit
Penutup


a.  Membuat  kesimpulan tentang materi pembelajaran hari itu dilakukan siswa bersama guru
b.  Melaksanakan test secara lisan(kejujuran)
c.   Menugaskan peserta didik melakukan pengamatan untuk pertemuan berikutnya (PR) tentang: (1) bentuk-bentuk dinamika interaksi sosial di lingkungan sekitar (dapat dilakukan dengan berkunjung ke perpustakaan, melalui internet, dan buku sumber yang dimiliki siswa). (2) Melakukan kajian/analisis hubungannya dengan permasalahan kehidupan sosial, ekonomi, budaya, (3) membuat rencana aksi untuk menanggulangi masalah yang ada, (membuat yel-yel kelompok)
d.  Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

10 menit



Pendahuluan
Pertemuan Ke-2 (2 X 40 menit)
a.    Memulai pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai agama dan keyakinan masing-masing.
b.    Tanya jawab singkat tentang (PR) hasil penelusuran informasi  tentang bentuk dinamika interaksi sosial
c.    Menginformasikan secara garis besar strategi pembelajaran yang akan dilakukan.
d.    Menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran.
e.    Memberi motivasi pada siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
80 menit
10 menit
Kegiatan Inti


a.    Pelaksanaan diskusi kelompok sambil mempersiapkan pembuatan laporan hasil kerja kelompok
b.    Guru berkeliling sambil memperhatikan kelompok yang memerlukan bantuan .
c.    Unjuk kerja/Presentasi kelompok seperti pertemuan sebelumnya diawali dengan meneriakkan yel-yel kelompok:
d.    Kelompok A ditanggapi kelompok  E
e.    Kelompok B ditanggapi kelompok  F
f.     Kelompok C ditanggapi kelompok G
g.    Kelompok D ditanggapi kelompok H
h.    Pelaksanaan konfirmasi dilakukan disetiap akhir presentasi
i.      Pengumuman penghargaan pada siswa berdasarkan aktivitas aktif dan hasil kinerja secara individu
j.      Pengisian Quiz
60 menit
20 menit


25 menit




15 menit
Penutup

  1. Membuat  kesimpulan tentang materi ajar yang telah disajikan selama pembelajaran yang dilakukan peserta didik bersama guru
  2. Memberi penguatan dan motivasi tentang pelaksanaan  tugas mandiri tidak terstruktur (TMTT).
  3. Melaksanakan testsecara lisan
  4. Mengakhiri pembelajaran dengan mengajak peserta didik berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing
10 menit





H.   Penilaian
1.    Jenis/ teknik penilaian :Tes lisan, produk diskusi, proyek, hasil kinerja peserta didik
2.    Bentuk instrumen dan instrumen: proyek
3.    Pedoman penskoran: lihat lampiran

                     



Mengetahui,                                                                             Malang, ……………..
Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran IPS



   .......................................                                                         .......................................




LAMPIRAN
1.    Ringkasan Materi
Sebagai makhluk sosial, manusia pasti membutuhkan orang lain. Sejak dilahirkan, manusia sangat bergantung pada orang lain, dan dalam hidup sehari-hari manusia sangat perlu berinteraksi/berhubungan dengan orang lain. Ketika meninggal juga membutuhkan orang lain untuk menguburkannya. Dilihat dari siklus hidup yang selalu berhubungan dan membutuhkan orang lain, manusia dikategorikan sebagai makhluk sosial (homo socialis).
Antara manusia dengan alam lingkungan sekitar terjadi interdependensi, atau saling ketergantungan antar keduanya. Sebagai contoh; pada masa praaksara, dimana saat itu bumi dihuni oleh manusia purba, yang sangat tergantung pada alam jika dibandingkan dengan manusia sekarang. Hal ini disebabkan peradaban manusia saat itu belum tinggi sehingga dalam mempertahankam diri untuk kelangsungan hidup, manusia purba tergantung sepenuhnya kepada potensi alam sekitarnya. Dalam perkembangan jaman dan kemajuan peradaban, manusia tetap tergantung pada alam meski manusia dengan akal budinya dapat memanfaatkan alam secara maksimal sesuai dengan kebutuhannya.
Manusia memerlukan alam untuk tinggal dan sekaligus untuk kemudahan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari situ terdapat kecenderungan manusia untuk memilih tempat tinggal seperti tinggal dekat dengan sumber-sumber air, jalan raya, dan daerah subur yang berlokasi dekat dengan gunungapi karena gunungapi dapat memberikan kesuburan tanah. Hal ini dapat dibuktikan bahwa fosil-fosil manusia purba pada umumnya ditemukan di lembah, sungai.
Kaitan antara faktor-faktor geografi fisik terhadap sebaran budaya manusia sangat erat sekali karena keduanya saling mempengaruhi. Budaya memberikan ciri-ciri atau karakter suatu tempat dan masyarakat budaya tertentu mentransformasikan their living space atau ruang kehidupan dengan membangun struktur di atasnya, creating lines of contact and communication, tilling the land, channeling the water (membangun komunikasi serta kontak antar sesama, bercocok tanam, membuat irigasi).
Kaitan dimaksud tidak dapat dipisah-pisahkan, sehingga keduanya merupakan satu kesatuan yang saling membutuhkan, dan keberadaan yang satu tanpa ada yang lain tidak  memiliki makna. Manusia merupakan makhluk dengan akal budi (thinking animal) yang mampu mengadakan adaptasi, seleksi dan perubahan. Dengan teknologi, manusia berusaha agar tidak sepenuhnya tergantung pada kekuasaan alam, sehingga akhirnya manusia mampu menguasai alam. Namun banyak bukti menunjukkan bahwa alam tidak seluruhnya dapat dikuasai oleh manusia melalui teknologi. Fenomena bencana alam seperti ledakan gunung api, banjir,  melebihi keampuhan teknologi manusia.
Setiap daerah, pulau ataupun negara memiliki ciri sendiri-sendiri dan tidak pernah ada yang sama persis. Ciri-ciri tersebut membentuk karakter manusia yang tinggal di daerah dimaksud atau dengan kata lain berpengaruh kepada ekonomi, budaya, cara menghidupi diri serta cara bergaul/berkomunikasi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Selanjutnya, untuk mengetahui perbedaan yang ada serta didorong untuk mendapatkan barang kebutuhan yang diperlukan dalam kehidupan tersebut manusia memerlukan adanya kerjasama. Kerjasama antarnegara terjadi karena adanya perbedaan keadaan wilyah, kebutuhan akan barang tertentu, atau adanya ketertarikan yang sama untuk mencapai sesuatu.  Dengan kata lain, kerjasama dapat terjadi di berbagai bidang, baik bidang ekonomi, sosial, maupun budaya. Salah satu tujuan dilakukannya kerjasama antar negara adalah untuk meningkatkan hubungan antarnegara, pememenuhan kebutuhan hidup negara tersebut.
Manusia berusaha memenuhi kebutuhannya, termasuk kebutuhan sosialnya yang muncul menyertai setiap langkah dalam kehidupan manusia itu sendiri. Kebutuhan berkomunikasi dengan sesama, kegiatan-kegiatan atau berkumpul bersama, keteraturan sosial dan kontrol sosial, kebutuhan akan pendidikan, pelayanan kesehatan dan keamanan serta kegiatan bersama. Kegiatan bersama ini bertujuan untuk membangun komunikasi timbal balik yang saling menguntungkan. Tanpa komunikasi tidak akan terjadi interaksi sosial. Salah satu contoh kegiatan bersama ialah gotong-royong pada lingkungannya.
Dalam memenuhi kebutuhan hidup, manusia banyak mengambil sebanyak-banyaknya SDA yang ada. Hal ini tentunya membahayakan lingkungan yang ada. Oleh karenanya pemanfaatan SDA hendaknya di atur sedemikian rupa , jika tidak alam bisa rusak. Terdapat daerah tertentu yang memiliki potensi untuk terkena bencana alam , seperti banjir, gempa, angin topan dan lain-lain. Akibat bencana tersebut , penduduk daerah yang terlanda bencana membutuhkan bantuan berupa makanan, kesehatan , tenaga untuk meringankan mereka dari penderitaan. Sebagai makhluk sosial, maka sudah seharusnya penduduk dari daerah lain yang tidak terkena musibah, dan mereka yang berkelebihan untuk memiliki kepedulian membantu pada saudara-saudara kita yang tertimpa bencana. Bantuan tersebut bisa berupa : uang, makanan, pakaian, tenaga, dan obat obatan.
Disamping sebagai mahluk ciptaan Tuhan YME, manusia adalah  makhluk sosial (homo socialis) yang selalu hidup bersama dengan manusia yang lainnya. Sejak dilahirkan, manusia sangat bergantung pada orang lain.Di dalam kehidupannya, manusia tidak hidup dalam kesendirian.Manusia memiliki keinginan untuk bersosialisasi dengan sesamanya. Ini merupakan salah satu kodrat manusia adalah selalu ingin berhubungan dengan manusia lain. Di dalam kehidupan manusia selanjutnya, ia selalu hidup sebagai warga masyarakat, dan warga negara.
Pada jaman purba, manusia purba memiliki ketergantungan yang sangat tinggi terhadap alam semesta  dibandingkan dengan manusia sekarang. Mengapa demikian? peradaban manusia saat itu belum tinggi sehingga dalam mempertahankam diri untuk kelangsungan hidup, manusia purba tergantung sepenuhnya kepada potensi alam sekitarnya. Dalam perkembangan jaman dan kemajuan peradaban, manusia tetap tergantung pada alam meski manusia sekarang dengan akal budinya dapat memanfaatkan alam secara lebih maksimal sesuai dengan kebutuhannya.Sejak keberadaan manusia purba yang sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu, mereka telah menjalin kerjasama dengan membentuk suatu kelompok komunitas yang saling berinteraksi di dalam aktifitas memanfaatkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya  Kebersamaan itu didasari suatu kenyataan bahwa mereka tidak bisa hidup sendiii tanpa bantuan orang lain, mereka sebagai makhluk social.
Manusia adalah makhluk yang sejak dahulu telah  hidup berkelompok, mereka kesulitan bahkan tidak sanggup untuk hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Pada zaman praaksara, nenek moyang kita sudah mulai hidup berkelompok. Mereka bekerja sama, saling membutuhkan, saling menyayang terhadap sesama. Praktek manusia sebagai makhluk sosial mulai diterapkan, karena sadar bahwa mereka tidak bisa berdiri sendiri, tanpa bantuan dan membantu orang lain. Mereka sebagai makhluk sosial dan manusia yang berfikir. Kemampuan otak manusia yang berupa proses berpikir menyebabkan manusia dapat memilah-milah tindakan yang dapat menguntungkan kelangsungan hidupnya.
Dalam rangka kelangsungan hidupnya maka manusia merupakan makhluk pembentuk kebudayaan dan manusia juga sebagai pembentuk masyarakat, karena pada hakekatnya manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri tetapi harus berkelompok. Kondisi demikian sudah diterapkan pada zaman prasejarah.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan sangat banyak, antara lain seperti iklim, ketersediaan air, kesuburan tanah, bentuk-bentuk muka bumi, dan lain sebagainya. Coba kamu renungkan mengapa orang yang tinggal di lereng gunung selalu memakai pakaian yang tebal? Jawabannya adalah akibat cuaca sehingga yangbersangkutan perlu melindungi tubuh dari sengatan cuaca yang sangat dingin. Sebaliknya, orang yang tinggal di daerah padat dan panas, cenderung memakai pakaian yang tipis. Contoh yang lain, lihatlah gunung berapi yang erupsi, banyak sekali material yang berguna bagi lahan pertanian dikeluarkan melalui kawah, sehingga tanah menjadi lebih subur.
Manusia memerlukan alam untuk tinggal dan sekaligus untuk kemudahan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk itu, terdapat kecenderungan manusia memilih  tinggal dekat dengan sumber-sumber air, jalan raya, dan daerah subur yang berlokasi dekat dengan gunungapi karena gunungapi dapat memberikan kesuburan tanah. Hal ini dapat dibuktikan melalui fosil-fosil manusia purba pada umumnya ditemukan di lembah sungai. Sementara itu, kerajaan-kerajaan  Hindu-Budha di Nusantara, terutama di Jawa pada umumnya dekat dengan gunung berapi. Ini menunjukkan bahwa manusia dari jaman purba sampai sekarang ,sangat tergantung dari alam. Demikian pula alam memberikan sumber kehidupan bagi manusia. Kecenderungan manusia dalam  memanfaatan alam bagi kehidupan sangat dipengaruhi oleh bentuk dan pola muka bumi.
Dalam ekonomi, dua hal yang selalu bertentangan yaitu sumber daya ekonomi yang terbatas berhadapan dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.Ketidakseimbangan inilah yang menyebabkan “Masalah pokok dalam ekonomi”.Masalah pokok ekonomi itu adalah “bagaimana cukup keseimbangan antara kebutuhan dan alat-alat pemuas kebutuhan”. Sebagai makhluk social dalam memecahkan permasalahan ekonomi perlu adanya kerja sama yang saling membantu antara kelompok satu dengan kelompok lain. 
Permasalahan pokok ekonomi adalah kebutuhan manusia tidak terbatas sedangkan barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan sangat terbatas. Kebutuhan manusia tidak terbatas, karena kebutuhan senantiasa mengikuti kemajuan zaman, dan sifat manusia selalu merasa kurang, bahkan manusia terkadang memiliki sifat serakah. Oleh karena perlu memiki sikap peduli terhadap kepentingan umum dalam memenuhi kebutuhannya. Dan agar kebutuhan dapat lebih terbatas maka manusia perlu meningkatkan rasa syukurnya atas karunia yang diberikan oleh Tuhan TME. Barang dan jasa sangat terbatas, SDA yang merupakan bagian alat pemuas yang sangat penting , jika diambil terus menerus akan habis. Untuk itu kita perlu peduli untuk melestarikannya.

2.  Sintaks STAD
Siswa dikelompokkan dengan anggota 4-5 orang dengan kemampuan Heterogen
·        Anggota tim menggunakan lembar kegiatan atau perangkat tugas yang lain
·        Setiap anggota saling membantu memahami bahan pelajaran
·        Secara individu tiap 1 atau 2 minggu diberi kuis
·        Kuis di skor, dan tiap individu diberi skor perkembangan

3.  Tata Tertib dan Prosedur Berdiskusi
TEMA: KEADAAN ALAM DAN AKTIVITAS MANUSIA INDONESIA
SUB TEMA: MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL

Tata Tertib Kelompok:
a.    Mengumpulkan semua data, informasi tentang  issue dan contoh-contoh interaksi manusia dalam  kehidupan sehari-hari melalui media massa, internet, maupun bahan ajar lainnya.
b.    Mengadakan pengamatan di lingkungan sekitar tempat tinggalmu.
c.    Membuat catatan yang dapat digunakan untuk  acuan pembuktian/referensi
d.    Memahami posisi setiap individu dalam kelompok


Prosedur dan aturan Diskusi:
a.    Memahami permasalahan/isu yang didiskusikan
b.    Mendengarkan dengan seksama, serta memperhatikan ketika kelompok lain sedang berbicara
c.    Saling menghormati pendapat teman
d.    Tidak menghina ataupun emosional dalam memberikan kritikan dan tanggapan kepada teman
e.    Menghindari dominasi dalam kelompok
f.     Gaya/cara berbicara simpati, menarik, sopan
g.    Cara mengkritik ataupun melontarkan tanggapan: tidak mengkritik penampil/ siapa yang berbicara tetapi mengkritisi pendapatnya

Hal-hal yang harus lebih diperhatikan:
a.   Tiga gejala gugurnya argumen :
1) Terdapat pertentangan antara satu argumen dengan argumen yang lain
2) Pernyataan beralih dari argumen ke fitnahan
      3)Terjadi pengalihan pokok pembicaraan ke topik yang tidak berhubungan

b.   Hal yang mendasar dalam berdiskusi;
1) Memahami metode berpikir
2) Tetapkan tolok ukur kebenaran
3) Fokus bukan mental perang/debat
4) Balikkan logika
5) Cari akar permasalahan


Kegiatan arahan:
Beberapa pertanyaan yang harus dijawab dalam diskusi untuk membangun proses saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan/mengolah informasi, dan mengkomunikasikan):
a.    Apa yang kamu ketahui tentang interaksi?
b.    Sebagai anak sekolah, haruskah kamu peduli dengan perubahan sosial, ekonomi dan budaya yang terjadi di lingkungan sekitar, bukankah di lingkungan tersebut (kota/kabupaten) sudah ada yang mengurusi?
c.    Sebagai siswa, haruskah  terpengaruh atau ikut-ikutan dengan kebiasaan dan budaya orang luar agar dapat  disebut anak gaul?
d.    Haruskah kerjasama dengan negara lain lebih ditingkatkan agar banyak barang yang bermerek dapat diimport?
e.    Bagaimana pendapatmu tentang penggunaan internet?

4.  Format Laporan Individu (PR) untuk mengumpulkan data dan mengolah informasi


Bentuk-bentuk dinamika sosial dalam bentuk gambar
Di Rumah
Di Sekolah
Di Masyarakat sekitar
Keterangan/Sumber


















Kajian dan Analisis Berdasarkan Gambar dan Hubungannya dengan :
Ekonomi
Sosial/Budaya
Lokasi/lingkungan
Rencana Aksi/Penanggulangan






















5.  Rubrik Penilaian Diskusi Pertemuan 1
No.
Nama Siswa
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Gagasan
Kerja sama
Inisiatif
Keaktifan
Kedisiplinan
1









2









3









4




















              
Keterangan Skor :                                         Kriteria Nilai
Baik sekali  =    4                                              A      =    80 – 100      :  Baik Sekali
Baik             =    3                                              B      =    70 – 79        :  Baik
Cukup         =    2                                              C      =    60 – 69        :  Cukup
Kurang        =    1                                              D      =    ‹ 60              :  Kurang



                     Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
        Skor Maksimal



1.    Rubrik Penilaian  Diskusi
Pertemuan ke 2
1.    Tema        :Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia          
Sub Tema: Manusia Sebagai Makhluk Sosial
2.    kelompok :     .................
3.    Kelas /Smt.:   VII/1
4.    Pertemuan :  Ke-2
Berilah tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai dengan penilaian kamu!
No. Urut
Kategori
Skor
Baik sekali
Baik
Sedang
Kurang
A.
KUALITAS




1.
Persiapan baik




2.
Organisasi jelas




3.
Memberikan informasi yang didukung oleh fakta / buku




4.
Informasi disampaikan dengan jelas




5.
Argumentasi




6.
Pernyataan (statement)  bersifat persuasif




B.
ETIKA




1.
Menghormati argumentasi teman dan tidak emosional




2.
Saling mendengarkan dan merespon




3.
Tidak menghina (menyela pembicaraan)




4.
Tidak mendominasi pembicaraan




5.
Secara aktif ikut terlibat




C.
LAIN-LAIN




1.
Cara mengevaluasi atau mengkritik teman




2.
Membuat kesimpulan sementara berdasarkan bukti yang disampaikan kedua pihak





Jumlah Keseluruhan





Keterangan: Skor 4: Baik Sekali, Skor 3: Baik, Skor 2: Cukup, Skor 1: Kurang.
KRITERIA:
 45 ke atas         = A (Baik Sekali & Berkualitas)
30-44                 = B (Baik)
15-29                 = C (Cukup)
< 14                   = D (Kurang memenuhi syarat)                 
KOMENTAR:..
....................................................................................................................
.......................................................................................................................

2.    Tabel Penilaian  Kuis
Pertemuan ke 2
1.    Tema        : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia     
Sub Tema     : Manusia Sebagai Makhluk Sosial
2.    Kelas /Smt.:   VII/1
3.    Tanggal     :  

Nama Siswa
Kelompok
Quiz 1
Quiz 2
Improvement Point
1. Hary
A
70
100

2. Isti
D



3. Wiwid
H



4. …..





Daftar pengelompokkan skor dan peningkatan poin.




3.  Lembar Kegiatan Siswa

LEMBAR KEGIATAN SISWA I
(Hasil Budaya Masa Praaksara)

1.   Tema                        :       Manusia sebagai Makhluk Sosial
2.   Mata Pelajaran       :       IPS
3.   Kelas/Semester     :       VII/ 1
4.   Waktu Pengerjaan       :25 menit
5.   Petunjuk Belajar           :
a.   Baca secara cermat sebelum anda mengerjakan tugas
b.   Pelajari materi IPS yang berhubungan dengan Manusia sebagai Makhluk Sosial
c.   Kerjakan sesuai dengan langkah-langkah sesuai petunjuk Guru
d.   Kerjakan dengan cara diskusi dengan teknik yang ditentukan Guru
e.   Konsultasikan dengan guru bila mengalami kesulitan mengerjakan tugas
6.   Tujuan belajar yang akan dicapai:
Pada kegiatan ini kamu dapat’:
a.    Memahami konsep dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
b.    Menganalisis bentuk-bentuk  hasil budaya manusia jaman praaksara hubungannya dengan lingkungan sosial, budaya, dan ekonomi
7.   Informasi
Bacalah dengan cermat uraian materi tentang  hasil budaya masa praaksara hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial!
8.   Tugas dan Langkah Kerja
a.  Diskripsikan tentang pengertian manusia sebagai makhluk sosial dengan disertai 5 contoh aktifitas masyarakat yang ada di sekitarmu !
b.  Gunakan fasilitas internet dan atau buku IPS lainnya untuk mencari informasi tentang  hasil budaya nenek moyang kita pada masa praaksara dan jelaskan proses pembuatannya !
c.   Lakukan analisis tentang cara masyarakat pra aksara pada masa pertanian dan masa perundagian dalam melakukan kerja sama. Jelaskan pernyataan ini menurut pendapat kelompokmu dengan menggunakan contoh-contoh hasil budaya mereka !
d.  Apa yang dapat kamu pelajari dari materi ini? Jelaskan secara singkat!
e.  Laporkan hasil diskusi kelompokmu secara tertulis!
f.    Presentasikan hasil diskusimu didepan kelas !
LEMBAR KEGIATAN SISWAII.
Permasalahan Pokok Ekonomi
1.   Judul                     :  Manusia sebagai Makhluk Sosial
2.   Mata Pelajaran    :  IPS
3.   Kelas/Semester  :  VII/ 1
4.   Waktu                   :  25 menit
5.   Petunjuk Belajar:
a.   Baca secara cermat sebelum anda mengerjakan tugas
b.   Pelajari materi IPS yang berhubungan dengan Manusia sebagai Makhluk Sosial
c.   Kerjakan sesuai dengan langkah-langkah sesuai petunjuk Guru
d.   Kerjakan dengan cara diskusi dengan teknik yang ditentukan Guru
e.   Konsultasikan dengan guru bila mengalami kesulitan mengerjakan tugas
6.   Tujuan belajar yang akan dicapai:
Dalam kegiatan ini kamu dapat:
a. Menganalisis permasalahan pokok ekonomi hubungannya dengan lingkungan  sosial, budaya.
7.   Informasi
Bacalah dengan cermat uraian materi tentang  permasalahan pokok ekonomi!

8.   Tugas dan Langkah Kerja
a.    Diskripsikan tentang pengertian manusia sebagai makhluk sosial dengan disertai 5 contoh aktifitas masyarakat yang ada di sekitarmu !
b.    Gunakan fasilitas internet dan atau buku IPS lainnya untuk mencari informasi tentang penyebab permasalahan pokok ekonomi beserta contoh
c.    Diskripsikan dengan disertai contoh riil yang ada di sekitarmu, bahwa didalam memecahkan permasalahan pokok ekonomi harus mengaplikasikan prinsip ekonomi!
d.    Jelaskan tentang nilai apa yang kamu pelajari dari materi ini!
e.    Laporkan hasil diskusi kelompokmu secara tertulis!
f.     Presentasikan hasil diskusimu didepan kelas !





LEMBAR KEGIATAN SISWAIII
Perilaku Interaksi Manusia

1.   Judul                     :  Manusia sebagai Makhluk Sosial
2.   Mata Pelajaran    :  IPS
3.   Kelas/Semester  :  VII/ 1
4.   Waktu                   :  25 menit
5.   Petunjuk Belajar:
a.   Baca secara cermat sebelum anda mengerjakan tugas
b.   Pelajari materi IPS yang berhubungan dengan Manusia sebagai Makhluk Sosial
c.   Kerjakan sesuai dengan langkah-langkah sesuai petunjuk Guru
d.   Kerjakan dengan caraberdiskusi dengan teknik yang ditentukan Guru
e.   Konsultasikan dengan guru bila mengalami kesulitan mengerjakan tugas
6.   Tujuan belajar yang akan dicapai:
Pada kegiatan ini kamu diharapkan dapat:
a.    Memahami konsep dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
b.    Menganalisis hubungan alam dengan kegiatan manusia dalam bidang ekonomi, sosial, budaya
7.   Informasi
Bacalah dengan cermat uraian materi tentang manusia sebagai makhluk sosial!

8.   Tugas dan Langkah Kerja
a.  Deskripsikan tentang pengertian manusia sebagai makhluk sosial dengan disertai 5 contoh aktifitas masyarakat yang ada di sekitarmu !
b.  Gunakan fasilitas internet dan atau buku IPS lainnya untuk mencari 5 contoh kegiatan di sekitar yang menunjukkan pentingnya interaksi manusia sebagai mahluk sosial !
c.   Coba identifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan kerja sama dan gotong royong sebagai realisasi manusia sebagai  makhluk sosial ! Dengan menggunakan contoh riil yang ada di sekitarmu !
d.  Ambil peta dan gunakan media tersebut untuk mempelajari Wilayah Indonesia yang sangat luas dan terdiri dari ribuan pulau. Setelah itu, jelaskan bagaimana masyarakat Indonesia berinteraksi!
e.  Laporkan hasil diskusi kelompokmu secara tertulis!
f.    Presentasikan hasil diskusimu didepan kelas !

LEMBAR KEGIATAN SISWA  IV
Pemanfaatan Lingkungan Untuk  Kegiatan Manusia

1.   Judul                     :  Manusia sebagai Makhluk Sosial
2.   Mata Pelajaran    :  IPS
3.   Kelas/Semester  :  VII/ 1
4.   Waktu                   :  25 menit
5.   Petunjuk Belajar:
a.   Baca secara cermat sebelum anda mengerjakan tugas
b.   Pelajari materi IPS yang berhubungan dengan Manusia sebagai Makhluk Sosial
c.   Kerjakan sesuai dengan langkah-langkah sesuai petunjuk Guru
d.   Kerjakan dengan cara diskusi dengan teknik yang ditentukan Guru
e.   Konsultasikan dengan guru bila mengalami kesulitan mengerjakan tugas
6.   Tujuan belajar yang akan dicapai:
Pada kegiatan ini kamu diharapkan dapat:
a. Menganalisis pemanfaatan lingkungan hubungannya dengan kegiatan ekonomi, sosial, budaya
7.   Informasi
Bacalah dengan cermat uraian materi tentang manusia sebagai makhluk sosial!

8.   Tugas dan Langkah Kerja
a.    Diskripsikan tentang pengertian manusia sebagai makhluk sosial dengan disertai 5 contoh aktivitas masyarakat yang ada di sekitarmu !
b.    Sebutkan 5 contoh kegiatan di sekitarmu yang menunjukkan upaya manusia sebagai mahluk sosial dalam memanfaatkan lingkungan !
c.    Sebutkan minimal 5 sikap yang harus dilakukan sebagai mahluk  dalam memanfaatkan lingkungan alam agar tetap terjaga kelestariannya , dan berilah alasan pemilihan sikap sikap tersebut !
a.  Laporkan hasil diskusi kelompokmu secara tertulis!
b.  Presentasikan hasil diskusimu didepan kelas !







QUIZ UNTUK PERTEMUAN 1 DAN 2
Kerjakan soal-soal berikut ini !
1.    Sebagai makhluk social mengapa manusia yang tinggal dilembah memiliki kebiasaan yang berbeda dengan yang tinggal didaerah pegunungan?
2.    Tuliskan 4 contoh aplikasi manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupan ekonomi di sekitarmu !
3.    Untuk mewujudkan manusia sebagai makhluk social, tindakan apa saja yang diperlukan?
4.    Jelaskan dengan menggunakan contoh, tentang hubungan antara permasalahan pokok ekonomi dengan prinsip ekonomi !
5.    Buatlah analisis tentang pemanfaatan lingkungan yang dilakukan manusia?
6.    Jelaskan dengan menggunakan contoh bahwa manusia pada masa pra aksara telah menunjukkan kehidupan sebagai makhluk social?
7.    Sebutkan upaya manusia sebagai mahluk sosial  dalam memecahkan permasalahan pokok ekonomi dengan menggunakan 5 contoh disekitarmu !
8.    Lakukan analisis bahwa manusia sebagai makhluk sosial memerlukan bantuan orang lain dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya. Sebagai contoh : Orang Indonesia memerlukan beras sebagai makanan pokok. Beras merupakan hasil pertanian. Untuk menghasilkan beras, petani membutuhkan jasa orang lain. Contohnya : Tukang Selep Beras, Buruh Panen, Pedagang Pupuk dan obat tanaman dll.



SYAIR LAGU BANGUN PEMUDI PEMUDAKarangan / Ciptaan : A. Simanjuntak

Bangun pemudi pemuda Indonesia

Tangan bajumu singsingkan untuk Negara

Masa yang akan datang kewajibanmu lah

Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

Sudi tetap berusaha jujur dan ikhlas

Tak usah banyak bicara trus kerja keras

Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih

Bertingkah laku halus hai putra negri

Bertingkah laku halus hai putra negri



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas saran dan komentarnya