VIII. RUBRIK
PENILAIAN KINERJA GURU
PETUNJUK
1. Kumpulkan dokumen perangkat
pembelajaran dari guru sebelum pengamatan pembelajaran, cacatan hasil pengamatan selama dan
sesudah pembelajaran, serta cacatan
kemajuan dan hasil belajar peserta didik.
2. Baca dengan cermat butir penilaian
kinerja dan rubrik penilaian dan selanjutnya bandingkan hasil analisis dokumen
sebelum pengamatan pembelajaran, cacatan
hasil pengamatan selama dan sesudah
pembelajaran, serta cacatan kemajuan dan hasil belajar peserta didik, untuk
menetapkan butir penilian kinerja terpenuhi atau tidak.
3. Jika masing-masing butirdalam rubrik penilaian
terpenuhi secara utuh, maka nyatakan dengan YA dengan memberi tanda (√) dan jika
masing-masing butir pernyataan tersebut hanya sebagian atau tidak utuh
terpenuhi maka nyatakan dengan TIDAK dengan memberi tanda (√).
I.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.
Indikator Kinerja 1.1: Guru
memformulasikan tujuan pembelajaran
dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik
peserta didik.
Dokumen yang
Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran,
Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan
lain-lain)
BUTIR PENILAIAN KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a. Tujuan pembelajaran
dirumuskan dan dikembangkan
berdasarkan SK/KD yang akan dicapai.
|
a.
Tujuan pembelajaran yang dirumuskan di RPP telah
mencakup semua indikator ketercapaian hasil belajar.
|
b. Tujuan pembelajaran memuat
gambaran proses dan hasil belajar yang dapat dicapai oleh peserta didik
sesuai dengan kebutuhan belajarnya
|
b.
Tujuan pembelajaran dalam RPP dirumuskan dengan kata
kerja yang jelas (tidak menimbulkan penafsiran ganda), dapat dikerjakan
(peserta didik dapat melakukannya) dan terukur (dapat dinilai hasilnya baik
secara tertulis, lisan maupun bentuk hasil kerja peserta didik lainnya
|
c. Tujuan pembelajaran disesuaikan
dengan kebutuhan belajar peserta didik
|
c.
Tujuan pembelajaran di RPP dijenjangkan sesuai
dengan tingkat an kelas
|
2.
Indikator1.2 Guru menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual
dan mutakhir.
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), Bahan
Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a. Bahan ajar disusun dari yang
sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai
dengan tujuan pembelajaran
|
a. Bahan ajar disusun dari yang
sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai
dengan tujuan pembelajaran
|
b. Keluasan dan kedalaman bahan
ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik (termasuk yang cepat
dan lambat,motivasi tinggi dan rendah)
|
b. Keluasan dan kedalaman bahan
ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik, misalnya
peserta didik yang belajarnya cepat atau lambat, peserta didik yang memiliki
motivasi tinggi dan rendah
|
c. Bahan ajar dirancang sesuai
dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
c. Bahan ajar dirancang sesuai
dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
d. Bahan ajar dirancang dengan menggunakan
sumber yang bervariasi (tidak hanya buku pegangan peserta didik)
|
d. Bahan ajar dirancang dengan menggunakan
sumber yang bervariasi aatau guru mengajar tidak hanya menggunakan buku
pegangan peserta didik tetapi juga sumber-sumber lain yang relevan
|
3.
Indikator Kinerja 1.3: Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), Bahan
Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Strategi, pendekatan, dan metode
pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
/kompetensi harus dikuasai peserta didik.
|
a. Strategi, pendekatan, dan metode
pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
/kompetensi harus dikuasai peserta didik.
|
b. Strategi dan metode pembelajaran
yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik
|
b. Strategi dan metode pembelajaran
yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik
|
c. Strategi dan metode pembelajaran
yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan
psikomotor peserta didik.
|
c. Strategi dan metode pembelajaran
yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan
psikomotor peserta didik.
|
d. Setiap tahapan pembelajaran
diberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat
kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar peserta didik.
|
d.
Setiap tahapan pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional
dengan memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan
belajar peserta didik
|
4.
Indikator Kinerja 1.4: Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi
dan strategi pembelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), Bahan
Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a. Sumber belajar/media
pembelajaran yang dipilih dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran
atau kompetensi yang ingin dicapai (misalnya buku, modul untuk kompetensi
kognitif; media audio visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan).
|
a. Sumber belajar/media
pembelajaran yang dipilih (misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif;
media audio visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan)dapat dipakai
untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai.
|
b. Sumber belajar/media
pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta
didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu
senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).
|
b. Sumber belajar/media
pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta
didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu
senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).
|
c. Sumber belajar/media
pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif,
afektif, dan psikomotor peserta didik.
|
c. Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan
tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
|
II.
PELAKSANAANKEGIATAN PEMBELAJARAN
YANG AKTIF DAN EFEKTIF
5.
Indikator Kinerja 2.1: Kemampuan Memulai
Pembelajaran yang Efektif Membuka Proses Pembelajaran
Dokumen yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), Bahan
Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, dan lain-lain)
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a.
Melakukan apersepsi
|
a.
mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya
(termasuk kemampuanprasyarat), mengajukan pertanyaan menantang,
menyampaikanmanfaat materi pembelajaran, mendemonstrasikan sesuatuyang
terkait dengan materi pembelajaran
|
b. Menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai dalam rencana kegiatan
|
b. menyampaikan kemampuan yang akan
dicapai dengan bahasa peserta didik, misalnya dengan mengatakan bahwa setelahpembelajaran selesai siswa
dapat menjelaskan faktor-faktorpenyebab gempa bumi. Rencana kegiatan
misalnya, individual,kerja kelompok, dan melakukan observasi
|
6.
Indikator Kinerja 2.2: Penguasaan Materi Pelajaran
Dokumen
yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), Bahan
Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan
lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, catatan hasil wawancara dengan
guru, dsb.
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a.
Kemampuan
menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.
|
a.
materi yang disampaikan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan
dalam RPP
|
b.
materi yang disampaikan dikaitkan dengan bidang studi lainnya, misalnya
mengaitkan aristmatik (operasi bilangan)dengan
IPS (transaksi ekonomi).
|
|
c.
Tingkat
ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.
|
c.
materi ajar sesuai dengan topik yang dibahas
|
d. Kemampuan menyajikan materi secara
sistematis (mudah ke sulit, dari
konkrit ke abstrak)
|
d.
materi
disampaikan secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak
|
7.
Indikator Kinerja 2.3: Pendekatan/Strategi pembelajaran
Dokumen
yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), Bahan
Ajar, Media Pembelajaran, Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan
lain-lain), catatan hasil pengamatan
pembelajaran, catatan hasil wawancara dengan peserta didik, dsb.
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a. Melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan kompetensi yang akan dicapai
|
a.
materi, strategi dan kegiatan belajar sesuai dengan kompetensi yang akan
dicapai (kognitif, psikomotor, dan
afektif)
|
b. Melaksanakan pembelajaran secara
runtut
|
b.
Materi disajikan sistematis dengan
menggunakan stragi pembelajaran yang tepat
|
c. Menguasai kelas
|
c.
Perhatian peserta didik terfokus pada belajar, disiplin kelas
terpelihara, dan kelas terkendali
|
d. Melaksanakan pembelajaran yang
bersifat kontekstual
|
d.
materi ajar disampaikansesuai dengan kondisi kehidupan nyata dan memiliki
manfaat dalam kehidupan sehari-hari peserta didik
|
e. Melaksanakan pembelajaran yang
memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)
|
e.
kegiatan belajar dapat mendorong kebiasaan peserta didik untuk
bekerjasama, saling menghargai, bertanggung-jawab berpikir kritis, dsb.
|
f.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan
|
f.
pembelajaran dimulai dan diakhiri sesuai dengan alokasi waktu yang
disediakan
|
8.
Indikator Kinerja 2.3: Pemanfaatan sumber belajar /media
pembelajaran
Dokumen
yang Diperlukan:
Perangkat
Pembelajaran Lengkap (misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran,
Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,
Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, hasil
wawancara dengan siswa, dsb
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a. Menunjukkan keterampilan dalam
penggunaan sumber belajar/media pembelajaran
|
a. guru terampil
memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar lainnya serta dapat menggunakan
media pembelajaran (alat laboratorium, TIK, media lainnya) untuk mencapai target sesuai dengan alokasi
waktu
|
b. Menghasilkan pesan yang menarik
|
b. media yang
digunakan dapat menusatkan perhatian peserta didik, sehingga pesan dapat
ditangkap dengan jelas
|
c. Melibatkan siswa dalam pembuatan
dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
|
c.
peserta didik dilibatkan dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber
belajar/media pembelajaran
|
9.
Indikator Kinerja 2.4: Pembelajaran yang memicu dan memelihara
keterlibatan siswa
Dokumen
yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran,
Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,
Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamtan pembelajaran
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a. Menumbuhkan partisipasi aktif
siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar
|
a. kegiatan
pembelajaran yang dilaksanakan mendorong interaksi aktif antara guru dengan
peserta didik antar peserta didik secara mental, emosional, maupun fisik
|
b. Merespon positif partisipasi
siswa
|
b. guru merespon
positif terhadap aktifitas peserta didik (misalnya memberikan pujian, meminta
peserta didik lain untuk menanggapi peserta didik lain, menegur yang
melanggar disipilin tanpa harus merendah harga diri yang ditegur, dsb)
|
c. Menunjukkan sikap terbuka
terhadap respons siswa
|
c. guru menghargai
pendapat peserta didik, mengakui kebenaran dan mengakui keterbatasan diri
peserta didik
|
d. Menunjukkan hubungan
antarpribadi yang kondusif
|
d. menunjuk sikap
ramah, luwes, hangat, sopan,
menghargai keragaman budaya dan latar belakang peserta didik
|
e. Menumbuhkan keceriaan dan
antusisme siswa dalam belajar
|
e.
suasana belajar yang menyenang dan menarik
|
10. Indikator Kinerja 2.4: Penggunaan
bahasa
Dokumen
yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran,
Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,
Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a. Menggunakan bahasa lisan secara
jelas dan lancar
|
a. bahasa lisan
yang digunakan guru mudah,jelas dan tidak menimbulkan salah tafsir serta
dapat dimengerti oleh peserta didik sesuai tingkat perkembangannya
|
b. Menggunakan bahasa tulis yang
baik dan benar
|
b. bahasan tulisan
(misalnya RKS, soal, modul, dsb)
yang digunakan memenuhi kaidah bahasa
yang benar, mudah,jelas dan tidak menimbulkan salah tafsir serta dapat
dimengerti oleh peserta didik sesuai tingkat perkembangannya
|
c. Menyampaikan pesan dengan gaya
yang sesuai
|
c.
informasi disampaikan dengan ekspresi wajah,
intonasi suara, gerak tubuh sesuai dengan pesan yang disampaikan
|
11. Indikator Kinerja 2.5: Kemampuan Mengakhiri Pembelajaran yang Efektif
Dokumen
yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Media Pembelajaran,
Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik,
Jurnal Kelas, Daftar Hadir Siswa, cacatan kemajuan siswa dan lain-lain), catatan hasil pengamatan pembelajaran, dsb
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK PENILAIAN
|
a. Melakukan refleksi atau membuat
rangkuman dengan melibatkan siswa
|
a. guru mengajak
siswa mengingat kembali hal-hal penting yang sudah terjadi dalam kegiatan
belajar (misalnya mengajukan pertanyaan tentang proses, materi dan kejadian
lainnya) dan menfasilitasi peserta didik dalam membuat rangkuman
|
b. Melaksanakan tindak lanjut
dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian
remidi/pengayaan
|
b.
memberikan kegiatan/tugas khusus bagi peserta didik
yang belum dan telah mencapai kompetensi (misalnya dalam bentuk latihan,
bantuan belajar, tugas khusus sebagai tutor sebaya, dsb)
|
III.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
12. Indikator Kinerja 3.1: Guru merancang alat evaluasi untuk
mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
Dokumen
yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian dan daftar nilai
peserta didik Bahan
Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil
wawancara dengan guru, dsb.
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a.
Kesesuaian teknik dan jenis penilaian (tes lisan,
tes tertulis, tes perbuatan) sesuai dengan tujuan pembelajaran.
|
a.
apakah jenis dan teknik penilai yang direncanakan
dalam RPP sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
|
b.
Alat tes dirancang untuk dapat mengukur kemajuan
belajar peserta didik dari aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotorik.
|
b.
apakah alat tes yang dikembangkan dapat mengukur kemajuan belajar peserta didik
dari berbagai aspek kognitif, psikomotor dan afektif
|
c. Rancangan
penilaian portofolio peserta didik minimal 1 kali per semester
|
c.
apakah guru merancang penilaian portofolio dalam
bentuk pemberian tugas terstruktur (misalnya menulis resensi buku, membuat
laporan kerja lapangan/studi banding, penelitian kecil, tugas proyek, dsb)
|
d. Hasil analisis
penilaian sebelumnya (UH, UAS, UN) digunakan
untuk keperluan program perbaikan (remedial, pengayaan, dan/atau menyempurnakan
rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran)
|
d.
apakah guru melakukan analisis hasil penilaian
(lihat hasil analisisnya) dan menggunakannya untuk penyempurnaan rancangan
dan/atau pelaksanaan pembelajaran.
Catatan:
masing-masing pernyataan tersebut di atas dapat juga didiskusikan kepada guru
|
13.
Indikator Kinerja 3.1: Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP.
Dokumen
yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian dan daftar nilai
peserta didik Bahan
Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil
pengamatan pembelajaran, dsb
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a.
Menggunakan teknik penilaian otentik (kuis,
pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb.) untuk memantau kemajuan belajar
peserta didik.
|
a.
apakah selama proses pembelajaran guru melaksanakan
aktifitas penilaian proses untuk mengukur kemajuan belajar dengan menggunakan
berbagai teknik penilaian (misalnya
kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb)
|
b.
Menggunakan teknik penilaian (ulangan harian, tengah
semester, dan ulangan semester) disusun untuk mengukur hasil belajar peserta
didik dalam aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotor.
|
b.
apakah diakhir pembelajaran guru melaksanakan
aktifitas penilaian berkala untuk mengukur hasil belajar dengan menggunakan
berbagai teknik penilaian (misalnya
ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester)
|
c.
Menerapkan penilaian portofolio dalam bentuk tugas
terstruktur
|
c.
apakah guru melaksanakan penilaian portofolio
peserta didik yang dibuktikan dengan hasil tugas-tugas terstruktur (misalnya
resensi buku, laporan kerja lapangan/studi banding, laporan pelaksanaan
penelitian kecil, laporan tugas proyek, dsb)
|
d. Menggunakan alat
penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi ajar sebagaimana
disusun dalam RPP.
|
d.
apakah alat dan teknik pelaksanaan penilaian
tersebut di atas sesuai dengan materi dan dapat mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
|
14.
Indikator Kinerja 3.1: Guru memanfatkan berbagai hasil
penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan
belajarnya dan bahan penyusunan
rancangan pembelajaran selanjutnya
Dokumen
yang Diperlukan:
Perangkat Pembelajaran Lengkap
(misal: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kumpulan instrumen penilaian dan daftar nilai
peserta didik Bahan
Ajar, Media Pembelajaran,Portofolio Tugas Tertruktur Peserta Didik, Jurnal Kelas,Cacatan Kemajuan, Daftar Hadir Peserta didik dan lain-lain), catatan hasil
wawancara dengan peserta didik, orang tua dan mungkin kolega, rencana dan
program pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan, sertifikat
pelaksanaan keprofesian berkelanjutan, dsb
BUTIR PENILAIAN
KINERJA
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
a.
Menggunakan hasil analisis penilaian untuk
mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang dan sulit sehingga
diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan
remedial dan pengayaan.
|
a.
apakah guru melakukan dan memiliki hasil analisis
penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang
dan sulit untuk kegiatan remedial dan pengayaan
|
b.
Menggunakan hasil penilaian untuk menyempurnakan
rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran
|
b.
apakah hasil penilaian digunakan guru dalam
penyempurnakan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran (diskusikan dan minta guru menjelaskannya dengan menggunakan RPP)
|
c.
Melaporkan kemajuan dan hasil belajar peserta didik
kepada orang tua, teman guru dan bagi peserta didik sebagai refleksi
belajarnya
|
c.
apakah guru memiliki catatan kemajuan dan hasil
belajar peserta didik dan catatan hasil diskusiorang tua dan teman sejawat.
Guru juga mengembalikan hasil hasil penilaian yang telah diberikan komentar
kepada peserta didik sebagai refleksi (dapat dilakukan melalui wawancara
dengan peserta didik, orang tua, dan teman sejawat serta menunjukkan hasil
tes yang telah dikoreksi dan diberikan komentar)
|
d.
Memanfaatkan hasil penilaian secara efektif untuk
mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan dan masalah potensial untuk
peningkatan keprofesian dalam menunjang proses pembelajaran
|
d.
guru dapat membuktikan kegiatan pengembangan
keprofesian yang telah diikutinya
didasarkan pada hasil penilaian belajar peserta didik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih atas saran dan komentarnya